KIELFA 082221432310 PIN BB:2833B32B
Select Page

Saat Sahur, Hindari Asupan Ini Agar Terhindar dari Risiko Dehidrasi Berat

Saat berpuasa tidak bisa dihindari tubuh memang akan mengalami gejala dehidrasi ringan, namun itu bukan masalah serius karena cairan yang hilang bisa segera diganti saat berbuka. Hanya saja perhatikan hal-hal yang mungkin dapat menyebabkan masalah dehidrasi ringan ini menjadi berat.

Selain dengan menjaga aktivitas fisik di siang hari agar tak terlalu capai berkeringat, asupan saat sahur juga tidak kalah penting. Para ahli mengatakan ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur karena dapat memperburuk dehidrasi.

Dr dr Ermita I. Ilyas, MS, AIFO dari Departemen Fisiologi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mengatakan salah satu contohnya adalah minuman kopi dan teh. Keduanya merupakan minuman yang bersifat diuretik (peluruh kencing).

“Hindari konsumsi kopi dan teh karena bisa memicu buang air kecil sehingga cairan tubuh cepat berkurang dan mengakibatkan dehidrasi,” ujar dr Ermita kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Selain itu disarankan agar seseorang menghindari konsumsi hidangan dengan pemanis gula berlebih. Alasannya dijelaskan oleh Dr dr Saptawati Bardosono,MS, SpGK, pakar gizi dari Departemen Ilmu Gizi FKUI bahwa gula dapat membuat tubuh menyerap cairan lebih cepat sehingga rasa haus rentan menghantui.

Hal ini terjadi karena misalnya pada minuman manis kekentalan cairan yang ada bisa lebih pekat dari cairan tubuh. Sifat tersebut membuat tubuh tidak bisa langsung mencernanya sehingga perlu diiencerkan terlebih dahulu menggunakan cairan yang ada.

“Apapun jenis minumannya diusahakan untuk tidak ada tambahan gula karena akan meningkatkan rasa haus dan lapar,” kata dr Saptawati.