KIELFA 082221432310 PIN BB:2833B32B
Select Page

Mengatasi Krisis Keuangan Keluarga

Dalam suatu keluarga keuangan menjadi pokok terpenting agar dapur rumah dapat tetap mengepul setiap harinya. Keuangan dalam keluarga harus ditata sedemikian rupa agar tidak terjadi krisis keuangan. Untuk itu manajemen keuangan dalam sebuah keluarga harus dikelola dengan tepat dan juga cermat. Penghasilan yang didapatkan harus sesuai dengan pengeluaran yang harus dikeluarkan setiap harinya jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pada pendapatan yang dihasilkan karena hal ini yang menyebabkan krisis keuangan dalam keluarga melanda. Oleh karena itu, mengatasi krisis keuangan keluarga harus dihadapi dengan bijak.

Jika keuangan keluarga mengalami krisis maka dapat mengakibatkan beberapa masalah seperti pertengkaran serta masalah lain yang tidak akan Anda inginkan. Berikut ini cara mengatasi krisis keuangan keluarga yang dapat Anda coba dan terapkan dalam keluarga Anda, diantaranya sebagai berikut :

1. Saling terbuka

Dalam manajemen keuangan keluarga yang baik harus ada sikap saling terbuka antar pasangan. Sikap terbuka tanpa ada yang ditutup-tutupi sangat bermanfaat untuk keuangan keluarga Anda. jika suami atau istri menginginkan sesuatu dan menggunakan anggaran keluarga untuk mendapatkannya harus berani jujur kepada pasangannya. Jika hanya diam dan tidak terbuka maka akan terjadi kecemburuan serta rasa tidak percaya dari masing-masing pasangan dan akan sangat merugikan bagi kondisi keuangan keluarga Anda.

2. Membuat kesepakatan

Sebelum Anda membelanjakan uang Anda ada baiknya Anda bermusyawarah dan membuat kesepakatan bersama. Kesepakatan ini berupa pembagian pendapatan. Pembagian disini mempunyai maksud seberapa banyak uang yang akan dibelanjakan untuk keperluan harian, untuk disissihkan, dan untuk kepentingan lainnya dalam keluarga. Hal ini bertujuan untuk menyepakati serta menyetujui hal-hal apa saja yang ingin dimiliki. Jika sudah membuat kesepakatan maka tidak akan terjadi masalah dibelakang karena telah membuat kesepakatan bersama.

3. Menentukan tujuan jangka panjang

Dalam mengelola keuangan keluarga harus bisa menentukan serta bersiap-siap untuk kebutuhan jangka panjang. Kebutuhan jangka panjang meliputi biaya pendidikan anak maupun biaya pembuatan rumah. Jika sudah memiliki pandangan jangka panjang maka akan berhati-hati dan berhemat dalam memggunakan keuangan keluarga Anda.

4. Rajin menabung

Menabung merupakan pilihan yang sangat tepat untuk mengendalikan keuangan keluarga. Dengan menabung kebutuhan di masa mendatang akan mudah dipenuhi karena sudah memiliki kesiapan keuangan. Menabung juga dapat menghindarkan dari sikap pemborosan keuangan. Seperti diketahui pemborosan merupakan awal dari krisis serta kehancuran dalam keuangan keluarga Anda.

5. Membuat buku catatan keuangan

Membuat buku catatan keuangan akan sangat bermanfaat bagi keuangan keluarga Anda. dengan buku catatan Anda dapat tahu untuk apa pengeluaran tersebut serta mengetahui kebutuhan bulanan yang harus dipenuhi. Buku catatan juga bermanfaat untuk mengetahui besar kecilnya pengeluaran serta pendapatan yang diperoleh dalam keluarga. Sehingga membuat Anda akan lebih berhati-hati dan berhemat.

Ada banyak cara mengatasi krisis keuangan keluarga. Cara tersebut diatas hanya sebagian kecil dari beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam keluarga Anda dan semoga bermanfaat.

Sponsor: jasa pembuatan fanpage