KIELFA 082221432310 PIN BB:2833B32B
Select Page

Jangan biarkan alergi melemahkan tubuh Anda

Alergi merupakan kondisi tubuh yang merasa sakit dan muncul keluhan-keluhan saat bersentuhan dengan obyek tertentu. Apakah itu matahari, udara dingin, debu, makanan asing, dan lain sebagainya. Alergi terjadi karena kurangnya sistem imun dalam diri kita untuk menerima munculnya obyek asing dalam tubuh kita. Untuk melindungi tubuh kita, sistem imun dalam tubuh memproduksi IgE sebagai antibodi terhadap berbagai macam alergi. IgE bekerja mengeluarkan zat kimia yang ditolak oleh tubuh ke dalam peredaran darah. Salah satu zat kimia di sini adalah histamin yang bekerja pada bagian mata, hidung, tenggorokan, paru-paru dan kulit yang memunculkan bentuk alergi ke permukaan tubuh. Hal ini memudahkan seseorang untuk mengetahui dengan cepat bahwa tubuhnya sedang mengalami alergi terhadap senyawa tertentu.

Seorang ahli kosmetik Dr. Rashmi Shetty mengemukakan beberapa macam alergi pada tubuh kita, berikut gejala yang ditimbulkannya, seperti yang tertulis dalam The Times Of India.

Alergi Debu
Debu tidak dijumpai di jalanan atau di halaman rumah saja, di dalam rumahpun ada benda-benda yang rawan dihinggapi debu, biasanya letaknya dekat dengan lubang ventilasi atau jendela dan pintu. Angin dengan mudah masuk melalui tempat-tempat tersebut dengan membawa debu-debu yang bisa membuat kita sakit. Membersihkan dengan cara yang salah juga dapat memicu alergi debu.

Gejala
Gejala umum pada penderita alergi debu adalah gatal-gatal, bersin dan mata berair. Untuk reaksi alergi yang lebih parah muncul bintik-bintik merah pada bagian perut dan lengan atas.

Alergi serbuk sari
Menjelang musim semi atau musim panas banyak bunga-bunga yang mulai mengembang, sehingga kondisi berangin pada musim tersebut memungkinkan terbangnya serbuk-serbuk sari dari bunga dan pepohonan. Bentuknya yang sangat kecil memungkinkan serbuk-serbuk tersebut terhirup oleh hidung dan masuk ke tenggorokan Anda.

Gejala
Penderita alergi serbuk sari memunculkan gejala yang sama dengan alergi dingin, hidung berair, gangguan tenggorokan, suara serak dan demam. Bedanya alergi dingin lebih cepat membaik daripada alergi serbuk sari.

Alergi kontak
Alergi ini tergolong alergi yang sangat sensitif, karena muncul saat seseorang tidak tahan kontak dengan obyek asing, seperti perhiasan emas, logam, kulit, sintetis, obat-obatan, parfum, kosmetik dan benda-benda lain yang umumnya digunakan sehari-hari.

Gejala
Gejala yang muncul pada penderita alergi ini biasanya muncul 30 menit setelah terjadi kontak langsung, tetapi munculnya tidak lama, selang beberapa jam gejala tersebut akan hilang.

Alergi matahari
Sesuai namanya alergi matahari muncul saat seseorang tidak kebal dengan sengatan sinar matahari.

Gejala
Pada penderita alergi matahari muncul bercak-bercak putih sebagai bentuk reaksi kulit terhadap matahari.

Alergi Makanan
Gejala yang muncul pada penderita alergi makan lebih beragam dan lebih tampak jelas. Pada tahap ringan gejala bisa muncul berupa binti-bintik merah pada kulit, gatal-gatal, area mulut menjadi kemerahan dan bengkak. Untuk gejala yang lebih serius penderita bisa mengalami sesak nafas, muntah-muntah, diare, pusing bahkan pingsan. Di sini penderita harus kenal betul makanan atau bahan makanan yang membuatnya alergi.

Untuk produk makanan yang Anda beli sendiri, Anda bisa memilih makanan yang aman untuk Anda, tetapi bagaimana jika menghadiri sebuah pesta atau menjumpai daftar menu yang beraneka ragam? Berikut cara memilih makanan yang aman untuk Anda:

– Di dalam restoran hindarilah pilihan menu yang Anda tidak kenal betul jenis makanannya. Lebih baik Anda menanyakan komposisi dari menu tersebut terlebih dahulu.

– Hindarilah produk makanan yang siap jadi, yang hanya perlu ditambah dengan air panas atau sedikit bahan untuk menikmatinya. Anda harus tahu betul apa yang Anda makan dan minum.

– Jangan mentolerir makanan yang jelas-jelas menyebabkan alergi pada tubuh Anda.

– Jika Anda tidka yakin apakah tubuh Anda alergi terhadap suatu makanan atau tidak. Buatlah jedah 2 minggu terhadap makanan yang sama. Misal hari ini Anda mengonsumsi udang, jangan makan udang lagi sampai 2 minggu, dan saat Anda memakannya 2 minggu lagi, lihatlah apakah tubuh Anda mengeluarkan reaksi negatif terhadap makanan tersebut.

Dari beberapa makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari, ada beberapa makanan yang umumnya menimbulkan alergi pada beberapa orang. Mungkin salah satunya Anda. Makanan-makanan tersebut adalah shrimp, lobster, crab, soybeans, peanuts, honey, milk, eggs, hazelnuts, almonds, walnuts, soya.

Sekarang Anda bisa mengenali jenis alergi pada diri Anda dari gejalanya bukan? Dengan begitu penanganan pada alergi yang Anda derita akan lebih efektif. Terlebih lagi jika Anda sekarang tahu apa saja yang harus Anda hindari supaya tidak terkena alergi lagi.

Sponsor: cream pemutih wajah