KIELFA 082221432310 PIN BB:2833B32B
Select Page

Diet untuk Mencegah Kanker Usus

Akhir-akhir ini para peneliti menemukan sebuah konsep bahwa diet tidak hanya sekedar untuk menurunkan berat badan. Meskipun ini selalu menjadi tujuan pertama tapi sebenarnya dari kebiasaan diet juga bisa membuat tubuh aman dari resiko penyakit. Sebuah penelitian yang dikembangkan oleh Institusi Penelitian Kanker di Amerika atau disebut sebagai American Institute of Cancer Research membuktikan jika diet sangat efektif untuk menurunkan resiko kanker usus. Jenis kanker ini sering tidak menyebabkan gejala apapun, sehingga banyak penderita yang kaget ketika mendapatkan diagnosa dari dokter.
Berikut ini adalah beberapa diet untuk mencegah kanker usus yang bisa Anda mulai dari sekarang:

1. Membuang semua lemak perut

Lemak perut menjadi masalah yang sangat berat untuk dihadapi. Lemak perut sebenarnya bisa menjadi potensi kanker usus yang sangat tinggi. Ketika ada lemak perut maka sistem kerja usus tidak bisa berjalan dengan baik. Lemak juga menghambat kerja usus besar sehingga sering menyebabkan sembelit dan perut melilit. Karena itu cara pertama yang bisa dilakukan adalah menghilangkan semua lemak dalam perut. Ada banyak cara yang dilakukan misalnya seperti makan dengan porsi yang lebih sedikit, membatasi makanan dan minuman manis serta menghindari makanan yang mengandung daging berlemak.

2. Menjaga tubuh selalu bergerak

Kemudian cara yang kedua adalah menjaga agar tubuh selalu bergerak dengan baik. Anda tidak perlu membayangkan harus pergi ke pusat senam atau fitness setiap hari. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menjaga agar tubuh bisa bergerak setiap hari. Misalnya ketika Anda memasak maka itu sudah membuat tubuh bergerak. Dan untuk menjaga waktu gerak tubuh maka Anda bisa membuat program jalan kaki setiap 15 menit setiap hari. Jika Anda bisa melakukan lebih dari gerakan ini maka sangat baik untuk tubuh. Cara ini juga bisa membuang lemak dalam tubuh.

3. Menghindari semua makanan yang diproses

Langkah ketiga yang harus Anda lakukan adalah dengan menghindari semua jenis makanan yang diproses. Makanan ini bisa saja termasuk ikan dan daging yang mengandung lemak. Konsumsi daging merah dan daging yang diproses bisa menyebabkan kanker usus karena menghambat serat dalam tubuh dan membuat penyerapan nutrisi berjalan lambat. Anda bisa menjaga asupan daging merah dan makanan yang diproses dengan mengolah makanan ini sendiri, tidak membelinya di restoran dan benar-benar mengkonsumsi sumber daging segar.

4. Jangan malas makan serat

Langkah keempat yang bisa Anda lakukan adalah menjaga agar tubuh mendapatkan asupan serat yang cukup setiap hari. Serat setidaknya dibutuhkan sebanyak 10 gram setiap hari dan jumlah ini sudah bisa mengurangi resiko kanker usus. Kemudian Anda bisa mencoba menikmati serat dengan mengkonsumsi sayuran dan buah. Mereka sumber makanan yang kaya warna dan bisa membuat penampakan masakan menjadi lebih lezat.

Dan langkah terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan memasukkan bawang putih ke setiap masakan. Bawang putih sangat lezat untuk dimakan karena ini bisa menjadi penyedap alami. Anda juga bisa mengurangi konsumsi MSG yang berbahaya untuk tubuh.

Sponsor: jasa pembuatan fanpage