KIELFA 082221432310 PIN BB:2833B32B
Select Page

Bersihkan Wajah Pakai Minyak, Bukan Sabun Lagi

Selama ini orang selalu menggunakan sabun, sampo, deodoran, pembersih wajah, ataupun tisu basah antibakteri untuk membersihkan diri. Tapi beberapa tahun terakhir semakin banyak orang yang menjauhkan diri dari sabun dan sampo. Bahkan, dalam dunia kecantikan, kaum hawa berpaling ke minyak untuk membersihkan wajahnya.

Mengapa orang membersihkan wajah dengan hal yang sering ingin dihapus dari wajah? Ya, ada banyak alasannya dan itu masuk akal karena benar-benar bisa membersihkan kulit seperti dilansir MotherNatureNetwork, Minggu (16/3/2014).

Seorang Dokter Kulit di Seattle Dr Heather Rogers menjelaskan kepada Today.com secara ilmiah bahwa metode membersihkan dengan minyak (oil cleansing method/OCM) itu logis.

“Konsepnya adalah seperti melarutkan,” ujarnya.

“Jika Anda menempatkan minyak ke kulit Anda, maka itu akan bergabung dengan minyak yang berlapis-lapis di kulit Anda. Ini juga menghilangkan beberapa kotoran dan lemak,” kat Dr Rogers.

Banyak pengguna OCM menggunakan campuran minyak jarak dengan minyak jenis lain. Dan ternyata minyak jarak seperti surfaktan, zat yang penting dalam sabun. “Minyak jarak sebenarnya lebih dekat dengan surfaktan dibanding minyak lain,” kata Dr Rogers.

Dalam minyak jarak (castor oil) ada bagian yang seperti minyak yang berhubungan dengan minyak di kulit, dan pada bagian lain ada yang mirip air. Sehingga memungkinkan minyak terbawa air.

Berikut manfaat menggunakan minyak di kulit:

Sponsor: jasa pembuatan fanpage

1. Kulit lembab

Penggunaan sabun terkadang menghilangkan minyak alami di kulit Anda sehingga bisa menyebabkan kekeringan. Tapi tidak dengan minyak, yang membuat kulit lebih nyaman sehingga mengurangi kebutuhan Anda untuk menerapkan pelembab.

2. Bersihkan jerawat

Bagi banyak orang, membersihkan minyak di wajah untuk menghilangkan jerawat. Sebuah posting di acne.org, kebanyakan pembersih wajah dan toner menggunakan bahan kimia yang mengurangi minyak di kulit. Ini bisa menyebabkan iritasi di kulit dan bisa menghasilkan lebih banyak minyak.

“Jika dilakukan benar dan konsisten, OCM bisa membersihkan kulit dari masalah seperti kulit berminyak, kulit kering, kulit sensitif, komedo, whiteheads, dan masalah lain yang disebabkan oleh jerawat ringan sampai sedang, sehingga kulit Anda sehat, seimbang dan lembab dengan baik.” tulis situs itu.

3. Lebih sehat

Apakah Anda ingin wajah diolesi sulingan minyak bumi, paraben, dan wewangian sintetis? Jika Anda memilih minyak organik, Anda akan merawat wajah dengan produk alami yang lebih baik di tubuh Anda, tergantung pada minyak yang digunakan, dan lebih murah.

4. Sahabat bumi

Sabun dengan triclosan serta bahan kimia lainnya akhirnya akan sia-sia yang kemudian ke perairan. Di sungai, bahan kimia ini akan memengaruhi ikan. Bahkan zat yang tinggi bisa menyebabkan kerusakan.

5. Kulit bersinar

Meskipun itu memerlukan waktu beberapa minggu usai penggunaan OCM, kulit akan menjadi lembut dan bercahaya.

6. Sangat mudah

Anda tak perlu lagi pra pembersihan kulit karena ini cepat dengan membilas menggunakan air hangat. Tuangkan sedikit minyak di tangan Anda dan gosokkan dengan lembut di seluruh wajah Anda. Pijat selama dua menit dan kemudian diamkan selama 30 detik. Rendam kain lap dalam air panas dan tutup wajah Anda dengan kain tersebut. Biarkan di sana selama 15 detik atau lebih, kemudian mulai hapus minyak. Bilas lap dan ulangi sampai minyak benar-benar hilang.

7. Bisa dicampur

Anda bisa membuat campuran sesuai selera. Tak seperti produk komersial, Anda bisa menyesuaikan minyak yang Anda gunakan.

Anda bisa menggunakan minyak jarak untuk sufaktan, tapi ini bisa mengeringkan sehinggA dan bisa menggunakan minyak lainnya.

Crunchy Betty, blog yang berisi segala sesuatu tentang OCM merekomendasikan penambahan minyak seperti:

a. Jojoba: semua jenis kulit , namun sangat diperlukan untuk kulit berjerawat
b. Sweet almond: Semua jenis kulit, terutama yang berminyak
c. Grapeseed: Semua jenis kulit, terutama yang berminyak
d. Avocado: Kering dan kulit menua
e. Sunflower seed : semua jenis kulit
f. Aprikot kernel : kering , penuaan dan kulit normal
g. Argan : semua jenis kulit , terutama kulit penuaan